Jumat, 16 November 2012

Kewenangan Pembina Yayasan

Berdasarkan pasal 28 ayat 1 UUY No.16 Tahun 2001 yo UUY No.28 Tahun 2004, pembina adalah organ yayasan yang mempunyai kewenangan yang tidak diserahkan kepada pengurus atau pengawas oleh undang undang ini atau anggaran dasar. Berdasarkan pasal 28 ayat 2 Undang Undang Yayasan No.16 Tahun 2001, kewenangan pembina yayasan meliputi :
1.   Keputusan mengenai perubahan anggaran dasar
2.   Pengangkatan dan pemberhentian anggota pengurus dan anggota pengawas
3.   Penetapan kebijaksanaan umum yayasan berdasarkan anggaran dasar  yayasan
4.   Pengesahaan program kerja dan rancangan anggaran tahunan yayasan
5.   Penetapan keputusan mengenai penggabungan atau pembubaran yayasan.

Anggota Pembina diangkat dari orang perseorangan yang merupakan pendiri yayasan dan atau mereka yang berdasarkan rapat anggota pembina dinilai mempunyai dedikasi tinggi untuk mencapai maksud dan tujuan yayasan. Para anggota pembina bekerja secara sukarela tanpa menerima atau diberi gaji, honor, upah atau tunjangan tetap. Bila memperhatikan kewenangan-kewenangan yang dimiliki oleh pembina yayasan, dapat disimpulkan bahwa Pembina yang sebelumnya pendiri merupakan organ yayasan yang memegang kekuasaan tertinggi dalam yayasan, yang tugas utamanya memonitoring usaha pencapaian maksud dan tujuan yayasan. Untuk menghindari tumpang tindih kewenangan, tugas dan tanggung jawab yang dapat merugikan kepentingan yayasan atau pihak lain anggota pembina tidak boleh merangkap sebagai anggota pengurus, anggota pengawas dan atau pelaksana kegiatan.
Apabila Yayasan tidak lagi mempunyai pembina maka paling lambat 30 hari harus diadakan rapat gabungan anggota Pengurus dan anggota Pengawas untuk mengangkat Pembina.
Adapun kewajiban dari seorang Pembina Yayasan antara lain adalaha:
a.   Pembina mengadaka rapat sekurang kurangnya sekali dalam 1 (satu) tahun
b.   Dalam rapat tahunan, pembina melakukan evaluasi tentang kekayan hak  dan kewajiban yayasan tahun yang lampau sebagai pertimbangan bagi perkiraan mengenai perkembangan yayasan untuk tahun yang akan datang
c.   Pemeriksaan serta pengesahaan laporan tahunan yang disusun oleh pengurus dan ditandatangani oleh pengurus dan pengawas.
Menurut pasal 28 ayat 3 UUY No. 16 Tahun 2001 yo UUY No.28 Tahun 2004 yang dapat diangkat menjadi anggota pembina adalah :

a.Orang perseorangan sebagai pendiri yayasan dan atau
b.Mereka yang berdasarkan  keputusan rapat anggota pembina dinilai  mempunyai dedikasi yang tinggi untuk mencapai maksud dan tujuan yayasan.

3 komentar: